Bersama Kita Bisa…Bersama Kita Mudah

Microteaching Kelompok 3

Pengalaman Mengajar Rizki Septia

Pada hari jumat, 1 Februari 2013 pukul 09.00 WIB hari yang sangat-sangat menegangkan bagi kelompok  microteaching kami yaitu kelompok TIGA Terutama saya sendiri,  saya akui pengalaman yang sangat berharga banget, memang untuk berbicara didepan itu tidaklah mudah, apalagi mengajarkan materi kepada siswa seperti layaknya seorang guru. Kami dituntut untuk tampil microteaching yang pertama ini untuk dapat bisa semaksimal mungkin, walaupun hasilnya kurang maksimal, itu menurut saya sangatlah wajar, karena kami semua disini prinsipnya masih belajar dan tidak luput dengan kesalahan,

CIMG1608

Pengalaman untuk saya sendiri pada saat tampil didepan untuk layaknya seorang guru sangatlah berharga banget, banyak sekali unek-unek yang saya rasakan, dari deg_degan, gugup, gerogi, malu, dan masih banyak lagil, apa lagi saya ditunjuk pada kelompok kami untuk bisa dapat tampil yang pertama, masih sangat takut sekali, takut salah ngucap, takut muridnya tidak suka dengan saya pokoknya semua perasaan itu ada pada hari itu, apa lagi untuk kelompok yang sebelum-sebelumnya, yaitu kelompok satu dan dua menurut saya sangat bagus banget, itu membuat hati saya tambah minder untuk bisa tampil didepan kelas, tapi prinsip saya bahwasanya semua teman-teman saya semuanya bisa, kenapa aku tidak, walaupun kurang memuaskan hasilnya.

Penyampaian materi yang diberikan oleh pembimbing saya, yaitu bp Agil kurang lebih hanya 15 menit, awalnya saya merasa bahwa dengan waktu 15 menit tersebut sangatlah sebentar tapi setelah saya merasakan pada saat saya tampil bahwa waktu 15 menit tersebut sangatlah lama banget ibaratnya hampir 1 jam. Saat saya tampil memang saya merasa kurang maksimal, saya seneng banyak yang ngasih masukan pengarahan untuk saya yang sifatnya untuk membangun saya ke yang lebih baik, itu sangat-sangat saya terima sekali, khususnya untuk Bp Agil sendiri.

Disini yang perlu-perlu banget saya perbaiki yaitu pada saat proses pembelajaran jangan terlalu banyak ketawa disini efeknya tidak baik untuk siswa bahwasanya siswa akan melecehkan gurunya, tapi memang dari awal sifat saya terlalu banyak senyum dan ketawa tapi disini saya berusaha untuk bisa dapat menguwah sifat saya tersebut untuk bisa dapat tegas terhadap anak didik saya.

Terimakasih untuk Bp Agil selaku pembimbing saya, dan teman-teman yang masih memberikan masukan-masukan untuk saya yang sifatnya untuk membangun saya ke yang lebih baik, disini saya pribadi akan berusaha memperbaiki  watak dan sifat saya agar lebih baik lagi untuk kedepannya,

Terimakasih Untuk Orang tua saya yang tidak bosan-bosannya  selalu mensport saya agar bisa menjadi sukses, berguna bagi semua yang membutuhkan dan bisa menjadi panutan buat adik saya.  Amin………………..

Tampa mereka  saya tidak bisa sampai sekarang ini.

Terimakasih Semuanya……………..

Sukses selalu

Pengalaman Mengajar Puti Shalihati

Oleh Puti

Guru ,,,
Guru merupakan profesi yang luar biasa mulia.bayangin aja kalo gak ada guru…
Darimana kita bisa tahu membaca dan berhitung. Nah ini lah slah satu tugas yang mana nanti nya saya emban ketika saya lulus nanti….

CIMG1627
Ternyata jadi seorang guru itu tidaklah gampang,,,
pada saat saya menjadi seorang guru model, banyak sekali kesan-kesan yang saya alami, gugup,panas dingin, bicara penuh dengan belepotan, bingung, panik,  gallau berekepanjangan. Di tambah lagi saya maju yang terakhir apa gak tambah grogi tuh, sebelum maju saja keringat sejagung-jagung sudah bercucuran,karena melihat teman-teman yang sudah tampil, penampilan nya cukup ok, dan bagus-bagus.
apalagi saya belum menguasai materi yang akan saya sampaikan, sehingga waktu 15 menit itu kurang banget untuk menyampaikan materi yang saya buat …
di tambah lagi guru juga di beri tugas untuk membuat RPP,Bahan Ajar,LKS,dll.sudah jelaskan bahwa menjadi seorang guru itu tidaklah mudah……
tapi bagi saya inilah sebuah tantangan untuk saya lebih maju, dan giat lagi dalam mengapai cita-cita saya.

Komentar yang membangun untuk masing-masing kelompok saya yaitu:

  1. Rizky septia. H :menurut saya rizky sudah cukup bagus, akan tetapi pada saat rizky maju kedepan terlalu banyak cengegesan, terlihat tidak tegas sekali.dan kurang nya penyampaian tujuan pembelajaran dan apersepsi. Sebaiknya rizky bersikap lebih tegas, agar nanti nya tidak jadi maenan murid” nya di kelas nanti.
  2. Nia hastuti : menurut saya penampilan nia sudah cukup bagus, akan tetapi penguasaan materi nya kurang, dan terlihat seperti menghafal dan kurang sekali senyum. Seabiknya lebih menguasai lagi materinya.
  3. Rohani : menurut saya penampilan rohani cukup bagus, akan tetapi rohani pada saat memberikan  tangapan kepada murid cendrung menjatuhkan. sebaiknya rohani memotivasi murid agar lebih bagus lagi bukan nya mencela murid.
  4. Mia indriani : menurut saya penampilan mia sudah cukup bagus, dan kreatif.

“kesuksesan itu penuh tantangan,gagal sekali dua kali itu biasa,tetaplah konsisten dengan mimpi kita”

Pengalaman Mengajar Nia

Oleh Nia Hastuti

Assalamualaikum wr,wb.

Pada pembelajaran micro teaching mahasiswa di tuntut untuk biasa mengajar seperti guru yang sebenarnya di depan kelas ,menjadi seorang guru bukanlah mudah yang kita bayangkan seperti guru-guru yang mengajar kita waktu SD,SMP,SMA.Pada saat pembelajaran micro teaching banyak sekali pengalaman –pengalaman yang saya alami.yaitu pengalaman mengajar di kelas bersama temen-temen ,ketika pembelajaran berlangsung di laboratorium MIPA dan pada  pembelajaran sudah sampai pada kelompok  3 saya sangat deg –degan ,nerfespun eyea . ketika yang no 1 praktek mengajar riski saya sangat deg-degan . tetapi pada saat yang praktek mengajar aqu sendiri aqu gak deg-degan, namun sering lupa langkah-langkah ataupun skenario pembelajaran yang di rencanakan sebelumya saya buat sendiri.

CIMG1613

Teman-temam inspirasi saya adalah

  1. riski dia sangat bagus dalam pengelolaan kelas
  2. rohani dia sangat bagus  dalam penyampaian materi
  3. mia dia sangat bagus membuat siswa tertarik pada pembelajaranya
  4. puti dia sangat bagus penyampaian materi dan orangnya tegas .

Pengalaman Rohani Mengajar

Oleh Rohani

Ketika  DO pertama itu aku dibelakang diem aja ngeliat temen” pada bagus” semua,, aku jadi drop galau dalam hati ngecepoh sendiri  apa aku bisa seperti itu,apa aku bisa lebih baik dari mereka.. pokoknya bener” galau beuudd(bahasa geol pak=BANGET) di tambah pas DO ke2 tambah beban pikiran aku pak,,stres sendiri aku pak gak bisa tidur aku pak malem” ujuk-ujuk mata mentolo akhirnya bangun buat latihan didepan kaca,,aku rekam suara aku,,aku pke stopwatch pokok’nya niat banget lha buat latihan ,,trus mikir gene klo dia orang bisa kenapa aku gak,,klo aku gak yakin akan kemampuan aku sendiri  sapa coba yang akan yakin akan kemampuan aku ,,dari situ sedikit  lega gak begitu gupek aku pak,, Yang aku rasain pas maju pertama-pertamanya  itu deg-deg’an keringetan didepan bener’’ panas takut  gak bisa jawab pertanyaan-pertanyaan anak murid  tapi alhamdulillah ketika sudah masuk kemateri  cukup  ngerasa nyaman sie ketika di depan..tapi kesalahan fatal sebagai guru ketika aku nyuruh salah satu murid untuk maju kedepan aku ke ceplosan ngomong ‘’itu gak bener dari awal salah’’ kata-kata itu seharusnya gak sepantasnya guru ucapkan,,ya tapi buat pengalaman sie namanya juga guru icak-icak’an,,,:D nantinya harus lebih banyak belajar pinter-pinter mengolah kosa kata yang baik,

CIMG1614

Penghargaan yang aku dapetin banyak pak,,jadi guru gak boleh galak-galak supaya disenengin murid trus juga mesti buat metode pembelajaran yang menarik melibatkan siswa  untuk semangat belajar dan yang penting menguasai materi biar gak di buly anak murid,,,haaaaMesti jaga images juga guru itu sebagai tutor jadi gak boleh ketawa lebar-lebar pas didepan kelas,,keselek lalat kan gak lucu…hhhaaa Mesti tegas jadi guru gak boleh kelemar-kelemer,,,banyak-banyak belajar mengelola kosa kata yang baik jangan berbicara yang menyakiti siswa,,,

Komentar buat teman-teman:

Risky cukup pede tapi kemurahan senyum kamu kie,,senyum mu di obral bener,,haaa ojo ke akehan senyum kie mengko murid muu wedi dikiro kowe stres,,hhaaa..Lebih menguasai materi lagi supaya pas murid tanya gak gugup dan bingung mau jawab apa,,jangan jawab ngasal kek kemaren akhirnya kena kan aturan adaptasi morfologi kamu malah jawab fisiologi,,tapi sepenuhnya wes’’ SUKSES”…:)J

Nia hastuti ini kebalikan dari  risky,,mbak nia mahal senyum terlihat serius pas ngajar,,serius sie boleh tapi jangan begitu serius mbak supaya gak bosen anak muridnya,,tapi sudah bagus kok,,dan juga pas ngasi soal kan waktunya sudah habis sebagai guru lebih tegas lagi,,selesai gak selesai kumpul kalo kek kemaren molor-molor trus mbak jadi kelamaan korup waktu,,itu aja sie klo dari aku wess SUKSES mbakJJ

Mia andriyani alias miol..hhaaa pembelajaran nya menarik kreatif kamu mi’,,gak ada coment sie waktunya sudah pas juga,,menguasai materi ,,yaa pokok’ee inyong okok lha mi’…wess dadi guru seng disenengi murid koe mie’,,,JJ

 Puti shalihati pedenya sudah ok ok banget penyampaian materi sudah jelas,,tapi pas buat soal sebaiknya sudah disiapkan supaya gak bingung sendiri dan gak ngabis’’in waktu..tapi selebihnya OKOK..:)JJ

Pengalaman Mengajar Mia

Oleh Mia

CIMG1620

Pertama kali jadi guru model yang aku rasain deg – degkan, grogi karena belum terbiasa bingung apa dulu yang mau di omongin sampai ada yang lupa dan salah mengucapkan lidah sebagai alat indra pengecap malah jadi indra peraba, bingung juga setelah ngomong ini truz ngomong apalagi takutnya kalu siswa tersinggung dan tidak bisa menerima pelajaran yang saya sampaikan tapi setelah berada di depan dan mendapat respon cukup baik dari siswa perasaan berubah jadi senang walaupun keringat dingin keluar semua, karena belum terbiasa apa yang mau di katakan di depan sampai lupa semua, bingung mau ngomong apa di depan , takut kalau sampai lupa,, dan siswa nanya yang aneh – aneh. Tapi setelah 15 menit di depan dan bikin galau seharian,, satu kata yang bisa saya ucapkan “LEGA”, sudah maju didepan dan lebih Percaya Diri  buat maju di depan lagi

Comments on: "Microteaching Kelompok 3" (3)

  1. mia andriyani said:

    pengalam yg tak terlupakan,,

  2. mia andriyani said:

    seneng dan deg – degkan

  3. dapat pengalaman bnyak setelah maju,,,

Tinggalkan Balasan

