Bersama Kita Bisa…Bersama Kita Mudah

Nikmatnya Skripsi

GA GALAUskripsi adalah karya tulis mahasiswa berupa penjelasan secara deskriptif, sistematis dari hasil penelitiannya terhadap realitas dan fenomena yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan serta menggunakan metode penelitian untuk memberikan solusi permasalahan demi meraih gelar sarjana. Apakah menyusun skripsi itu sulit? Benarkah skripsi jadi momok mahasiswa tingkat akhir?, mungkin bagi sebagian mahasiswa skripsi merupakan suatu hal yang menakutkan dan sulit untuk diselesaikan. Bagaimana solusi menyusun skripsi? Berikut ini saya akan bagikan tips nikmatnya menyusun skripsi.

1. Memilih judul skripsi
Judul merupakan hal yang banyak dikeluhkan oleh mahasiswa saat mengawali menyusun skripsi. Banyak mahasiswa yang tidak mendapat ACC dari dosen mengenai judul yang diteliti. Sebelum menentukan judul, sebaiknya setiap mahasiswa mengenali kemampuan diri masing-masing. Kemampuan ini berkaitan dengan kemampuan biaya, psikomotorik dan kemampuan kognitif. Banyak mahasiswa yang tidak mempertimbangkan hal tersebut, akibatnya berhenti atau ganti judul saat menemukan kesulitan selama menyusun skripsi. Sebagai contoh mahasiswa A memilih judul yang analisis datanya menggunakan statistik. Teryata kemampuan dan pemahaman mahasiswa tersebut tentang statistic sangat lemah. Tentu saja hal ini akan menghambat proses penyusunan skripsi. Tahap selanjutnya dalam pemilihan judul adalah melakukan observasi, observasi ini adalah tahapan untuk menemukan masalah yang nantinya akan kita pecahkan melalui judul skripsi. Alternatif selanjutnya dalam memilih judul adalah memodifikasi judul penelitian yang sudah ada. Modifikasi ini bias berupa meneruskan atau memperbaiki penelitian yang sudah ada.
2. Bentuk kelompok skripsi
Pembentukan kelompok skripsi maksudnya adalah mahasiswa membentuk kelompok belajar skripsi yang memiliki tipe sama. Misalnya mahasiswa meneliti tentang aktivitas belajar siswa. Mahasiswa yang memiliki kesamaan atau jenis judul yang sama bias saling belajar atau bias saling memberi bantuan dalam hal mencari referensi untuk skripsi.
3. Manfaatkan jurnal penelitian
Jurnal penelitian yang relevan akan memudahkan mahasiswa dalam menyusun skripsi. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena jurnal penelitian biasanya memuat teori singkat dan metode penelitian,sehingga kita bias banyak belajar dari jurnal tersebut. Bagaimana mendapatkan jurnal penelitian? Ini adalah hal yang sering ditanyakan mahasiswa bagaimana mendapatkan jurnal penelitian, salah satu cara yang sering dilakukan adalah menggunakan bantuan google cendekia atau google scholar. Kita tinggal mengetikkan judul yang akan kita cari. Tips ketika mencari jurnal menggunakan google cendekia atau google scholar adalah carilah yang dalam bentuk PDF

Bagi mahasiswa yang ingin curhat tentang skripsi silahkan tinggalkan komentarnya

Comments on: "Nikmatnya Skripsi" (2)

  1. skripsi berhubungan dengan prawatan neonatus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: