Bersama Kita Bisa…Bersama Kita Mudah

Bakteri Pembentuk Nata

Bakteri yang berperan dala pembuatan lapisan nata adalah bakteri Acetobacter xylinum. Klasifikasi bakteri ini menurut Dwijoseputro (1994) adalah sebagai berikut:

Divisi             : Eubacteria

Sub divisi      : Schizophyta

Ordo              : Pseudomonadales

Famili            : Acetobacteraceae

Genus            : Acetobacter

Spesies          : Acetobacter xylinum

Menurut Kreg (1994) dalam Mufidah (2003), Acetobacter xylinum mempunyai ciri-ciri sebagai berikut yaitu: berbentuk batang, lurus atau melingkar, berukuran 0,6-0,8 mm, motil atau non motil, hidup sendiri atau berpasangan, mikro aerofilik, bersifat katalase positif, membentuk rantai, tidak membentuk spora, tidak menghidrolisa laktosa dan tepung, temperatur optimum untuk pertumbuhan 25-30oC, selnya diselubungi selubungi selulosa mikrofil eksternal. Bakteri ini termasuk dala kelompok bakteri asam asetat, yag melalui oksidasi metil alkohol dapat menghasilkan asam asetat. Asam asetat inilah yang akan menekan pertumbuhan mikrooganisme lainnya, terutama mikroorganisme yang bukan acidofilik.

bakteri ini termasuk bakteri gram negatif dan bersifat aerob. Acetobacter  xylinum tidak menghasilkan amilase, tetapi dapat menghasilkan disakarida spesifik seperti sukrosa (Balley, 1986 dalam Budiyanto, 1999), Acetobacter mememiliki keunikan karena dapat mensintesa selulosa secara profilik, memiliki pori melintang pada kristal mini glukan yang kemudian terkoalisi dalam mikrofibril. Bakteri ini menghasilkan enzim B-1,4 endoglukonase, tanpa adanya enzim ini sintesa mikrofibril tidak akan terjadi (Damayanti, 2002).

Saxena et.al (1996) dalam Budiyanto (1999), telah mempelajari peta genetika dari Acetobacter xylinum. Kode genetika yang menyandikan pembentukan selulosa sintase, enzim yang dibutuhkan dalam sintesis selulosa adalah gen acsAb, disamping gen acsC dan acsD. Enzim tersebut akan mengkatalisi pembuatan selulosa dari glukosa 6- fosfat dengan ikatan 1,4 β glikosidik sehingga sulit dihidrolisis kecuali oleh enzim selulose.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: