Bersama Kita Bisa…Bersama Kita Mudah

Mengenal Portofolio

Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional (2007) “portofolio merupakan salah satu teknik penilaian yang dapat dilakukan dengan bentuk instrumen berupa lembar penilaian portofolio”. Menurut Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional (2006) adalah sebagai berikut.
Portofolio merupakan kumpulan hasil kerja siswa. Hasil kerja itu sering disebut artefak. Artefak-artefak itu dihasilkan dari pengalaman belajar atau proses pembelajaran siswa dalam periode waktu tertentu. Artefak-artefak itu diseleksi dan disusun menjadi satu portofolio. Dengan kata lain, portofolio adalah suatu koleksi pribadi hasil pekerjaan seorang siswa (bersifat individual) yang menggambarkan (merefleksi) taraf pencapaian, kegiatan belajar, kekuatan, dan pekerjaan terbaik siswa tersebut dengan ciri koleksi dinamis, selalu bertumbuh dan berubah.

Menurut Susilo, H (2010:5), portofolio adalah suatu kumpulan seleksi hasil karya mahasiswa, yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mereview, menganalisis, dan menikmati karya yang telah mahasiswa hasilkan, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengklasrifikasi tujuan perkuliahan, serta memberikan dokumentasi kongkrit tentang apa yang telah dilakukan sebagai dasar penilaian kemajuan kemampuan mahasiswa.
Penilaian dengan teknik portofolio ini bertujuan sebagai penilaian formatif dan diagnostik, untuk memonitor perkembangan siswa dari hari ke hari, berfokus pada proses perkembangan siswa, dalam rangka memberikan eviden (bukti) penilaian formal dalam mengikuti perkembangan pekerjaan siswa, berfokus pada proses dan hasil. Dalam penyusunan portofolio ini yang berisi koleksi, yaitu mengumpulkan hasil kerja siswa yang menunjukkan pertumbuhan, kemajuan, hasil belajarnya dengan mengorganisasikan berbagai hasil kerja siswa dan melakukan refleksi berupa kegiatan merenungkan atau memikirkan kembali apa yang telah dikoleksi dan diorganisasi, dan akhirnya dapat disajikan dengan mempresentasikan hasil kerja siswa tersebut. Penerapan portofolio sebagai teknik penilaian dalam pembelajaran biologi telah dilakukan di beberapa sekolah, diantaranya menurut Jannah, A (2004) penggunaan portofolio sebagai bentuk asesmen autentik dalam pembelajaran biologi Kelas IA MTs Khodijah Malang menunjukkan hasil yang sangat memuaskan, dan menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Azizah, N.F (2007) menunjukkan bahwa penerapan asesmen autentik dalam pembelajaran biologi tealah dilakukan di MAN se-kota Malang, khususnya di kelas X dan XI. Kemudian berdasarkan penelitian Nimatul, K (2004) menunjukkan bahwa penggunaan portofolio dalam belajar mandiri dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar konsep ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas IC SMPN 2 Pasuruan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: