Bersama Kita Bisa…Bersama Kita Mudah

TPS

Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu bentuk kooperatif learning yang dikembangkan oleh Frank Lyman (1985) dan rekan-rekannya di Universitas of Maryland. TPS dapat mengubah pola wacana di dalam kelas bahwa semua resitasi atau diskusi kelompok perlu memberikan lebih banyak waktu kepada siswa untuk berfikir, merespon dan untuk saling membantu (Arens,2007). Dalam sintaksnya TPS memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir mendalam (think) tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru, selanjutnya siswa mendiskusikan dengan pasangannya (pair) dan menjelaskan kepada siswa secara keseluruhan (share) (Slavin,1995; Arends,2007). Pada saat think siswa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mempertajam logika berfikirnya dengan menjawab permasalahan yang diberikan oleh gurunya.

 

Langkah-langkah pembelajaran TPS sebagai berikut:

Tahap 1: Thinking (berpikir). Guru mengajukan pertanyaan atau soal yang berhubungan dengan pelajaran. Selanjutnya siswa diminta untuk memikirkan jawaban pertanyaan atau soal tersebut secara mandiri untuk beberapa saat.

Tahap 2: Pairing (berpasangan). Guru meminta siswa berpasangan dengan siswa yang lain untuk mendiskusikan apa yang telah dipikirkan pada tahap 1. Interaksi pada tahap ini diharapkan dapat berbagi jawaban atau berbagi ide.

Tahap 3: Sharing (berbagi). Pada tahap ini, guru meminta pada pasangan untuk berbagi dengan dengan kelompoknya tentang apa yang telah mereka bicarakan.

Dengan demikian, siswa yang pandai dapat mengembangkan kemampuan dan ketrampilannya, sedangkan siswa yang lemah terbantu dalam memahami permasalahan yang diselesaikan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: