Bersama Kita Bisa…Bersama Kita Mudah

Ellen G White dalam Sarumpaet (2001:12) mengemukakan bahwa pembangunan karakter adalah usaha paling penting yang pernah diberikan kepada manusia. Pembangunan karakter adalah tujuan luar biasa dari sistem pendidikan  yang benar. Khan (2010:1) mengemukakan bahwa pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja bersama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara dan membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan kata lain pendidikan karakter mengajarkan siswa berpikir cerdas, mengaktivasi otak tengah secara alami. Sumber daya manusia yang dihasilkan dari proses pendidikan ini pada akhirnya diharapkan dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa. Begitu pentingnya pendidikan karakter bagi masa depan tentu saja menjadi satu hal yang harus kita kembangkan.

Pembangunan karakter siswa bukan tugas dari guru agama atau guru PKn, namun juga menjadi tugas semua guru, termasuk guru biologi. Menyikapi hal tersebut maka universitas sebagai penyedia sarjana pendidikan harus menyiapkan calon guru yang berkarakter. Berikut ini merupakan pembangunan karakter calon guru biologi di FKIP Universitas Muhammadiyah Metro melalui matakuliah Morfologi Tumbuhan.

1. Peduli lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Karakter peduli lingkungan dapat terlihat pada kegiatan mahasiswa menanam pohon, memupuk pohon-pohon, menyiangi rumput. Berikut ini merupakan gambar karakter peduli lingkungan

CIMG2228Gambar 1. mahasiswa menanam pohon

CIMG2234Gambar 2. Kegiatan mahasiswa memupuk

CIMG2230Gambar 3. Kegiatan Mahasiswa menyiangi rumput

2. Karakter Bersahabat

Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. Kegiatan pengembangan karakter bersahabat dapat dilihat pada gambar berikut

CIMG2197Gambar 4. Mahasiswa Bekerja Sama dengan Anggota Kelompok

3.  Teliti

Karakter teliti muncul pada saat mahasiswa melakukan pencandraan tumbuhan, pencandraan tumbuhan merupakan kegiatan mengamati morfologi dari tumbuhan. Berikut merupakan gambar pengembangan karakter teliti.

CIMG2222Gambar 5. mahasiswa mengamati morfologi dari tumbuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: